Blogroll

Member

RSS


Ilmu Alamiah Dasar




Derson Henriko H. Sianturi
11512876
1PA02
Psiklogi



Universitas Gunadarma

Definisi IPTEK dan Perkembangannya

Seperti yang kita ketahui, teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas menengah ke bawah sekalipun. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia. Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang di berikan oleh Tuhan YME. Dimana dalam pengembangan IPTEK harus di dasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab, agar semua masyarakat mengecam IPTEK secara merata. Di satu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat baik sekali di aspek telekomunikasi, namun pelaksanaan pembangunan IPTEK masih belum merata. Masih banyak masyarakat kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut. Hal itu di karenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka tanggung, maka dari itu pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah tersebut, agar peranan IPTEK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada. Sebagai salah satu contoh perkembangan teknologi digital atau camera Dahulu alat di temukan oleh Alexander Graham Bell, yang berasal dari Italy, alat komunikasi tersebut pertama di ciptakan hanya melalui suara yang terhantarkan melalui udara. alat komunikasi sangat di butuhkan oleh manusia sebagai alat penyampai informasi atau berita. Seperti yang kita ketahui dan kita gunakan saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi berkembang pesat antara lain ( telephon, handphon, modem ) dll, sebagai sebagai contoh alat komunikasi yang di sebut dengan mobile phone atau HP saat ini sudah berkembang pesat terutama terutama aplikasi yang berada di dalamnya. Dahulu HP merupakan alat masih tabu untuk di gunakan karena teknologi software yang terdapat dalam HP tersebut masih sangat sederhana, kesederhanaan tersebut hanya berfungsi sebagai alat komunikasi yang di gunakan sebagai penerima dan penghubung suara dan pesan pendek. Sekitar tahun 1996 teknologi HP sudah mulai berkembang dari tampilannya dan dalam colour yang terdapat dalam HP tersebut. Seringkali dengan perkembangannya waktu ke waktu yang sekarang HP sudah memasuki Era Globalisasi dan pastinya teknologi HP tersebut sudah canggih, sekarang sudah terdapat HP Multi Function yang terdiri dari beberapa aplikasi diantaranya antara lain :
·        HP dengan teknologi MP3
·        Hp dengan teknologi Camera dan Video
·        HP dengan teknologi 3G
·        Dll
Seiring dengan perkembangannya teknologi komunikasi saat ini, teknologi komunikasi sudah ada aplikasi HP dengan fungsi sebagai Facebook  dan bisa di gunakan pula sebagai modem eksternal. Dengan aplikasi canggih tersebut pastinya di tinjau dengan harga yang relatip cukup mahal mungkin hanya kalangan kelas menengah ke atas yang dapat menikmati fasilitas tersebut. Akan tetapi jangan khawatir dan tidak bisa bergaya saat ini telah tercipta HP dengan teknologi sama dengan yang membedakan produk buatan China, dengan harga yang tidak terlalu mahal bisa di bilang bisa di nikmati oleh semua kalangan. Teknologi komunikasi dengan fasilitas facebook tersebut ternyata di pasaran sangat di minati oleh masyarakat secara umumnya bukan Cuma fasilitas tersebut namun juga bisa di bilang sebagai gengsi jika mempunyai HP yang berteknologi yang tinggi.


DAMPAK BLACKBERRY BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Di zaman modern sekarang ini sudah banyak teknologi yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi. Salah satu teknologi yang mempermudah komunikasi saat ini adalah Blackberry. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel. Blackberry mempermudah penggunanya dalam bertukar informasi dengan cepat dan lebih murah daripada menggunakan fasilitas pengiriman pesan yang dimiliki handphone lainnya. Fasilitas-fasiltas yang terdapat pada di dalam Blackberry dan dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi adalah Blacberry Messanger, browser, wi-fi connection, SMS, push email. BBM adalah fasilitas pengiriman pesan secara instan dan penggunanya dapat berinteraksi secara langsung tanpa harus menunggu seperti SMS. Produk yang menjadi andalan utama dan membuat BlackBerry digemari di pasar adalah surat-e gegas (push e-mail). Produk ini mendapat sebutan surat-e gegas karena seluruh surat-e baru, daftar kontak, dan informasi jadwal (calendar) “didorong” masuk ke dalam BlackBerry secara otomatis.
Seperti yang telah disebutkan di atas mengenai keunggulan dari BlackBerry, yaitu push e-mail. Dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus. Lampiran file berupa dokumen Microsoft Office dan PDF dapat dibuka dengan mudah. Sebuah e-mail berukuran 1 MB, jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 kb dengan isi yang tetap. Pengguna tidak perlu mengakses Internet terlebih dulu dan membuka satu persatu surat-e yang masuk, atau pemeriksaan surat-e baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, BlackBerry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk. Kelebihan lainnya adalah kemampuan BlackBerry yang dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada risiko hang, asalkan masih ada memori tersisa. BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger, namun dilakukan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas. Semua layanan BlackBerry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. Untuk browsing Internet, data-data dari website sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.
Dampak positif Blacberry terhadap kehidupan manusia,
Positif karena dengan adanya teknologi komunikasi yang dapat memfasilitasi penyampaian berbagai informasi dan pemberitaan dari seluruh penjuru dunia, maka beraneka ragam budaya yang berasal dari luar suatu negara akan dapat masuk dan diserap oleh masyarakat negara yang bersangkutan. Hal ini akan mendorong masyarakat negara menjadi lebih terbuka dalam menanggapi hal-hal baru serta perubahan yang ada sebagai konsekuensi atas tingginya pemasukan budaya-budaya baru melalui akses internet ini.
Arus informasi yang begitu cepat memicu terjadinya hal ini yang dari fasilitas yang diberikan oleh Blackberry adalah pengiriman pesan, gambar, voice note yang lebih cepat dan murah melalui BBM, menggunakan BBM lebih murah karena banyak provider yang menyediakan paket Blackberry yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. selain itu ada juga fasilitas push email yang dapat memberitahukan pengguna melalui handphone bahwa ada email yang masuk sehingga pengguna dapat mengetahuinya tanpa harus melihat ke alamat email. Semua fasilitas yang disediakan Blackberry membuat manusia lebih mudah dalam menggunakan teknologi yang sudah ada dan membantu mempercepat komunikasi.
Ternyata BlackBerry punya dampak Buruk, Blackberry adalah Handphone pinter saat ini, banyak yang ingin menggunakannya, bahkan rela tukar tambah dengan hp biasa, tidak heran memang blackberry mempunyai keunggulan yang lebih di banding dengan hp lain, bahkan katanya Blackberry bisa dikendalikan lewat perintah suara kita, dan keunggulan-keunggulan lain dari blackberry yang tidak di miliki oleh Handphone lain atau hp lain, namun siapa yang menyangka ternyata di balik spesifikasi dan keunggulan blackberry yang hitech tersebut ternyata ada kelemahannya, blackberry punya kelemahan juga dan Ternyata BlackBerry punya dampak Buruk terhadap penggunanya. Di kutip dari suaramedia.com bahwa ternyata BlackBerry punya dampak buruk.

Dampak Negatif Blacberry terhadap kehidupan manusia,

1. BLACKBERRY dapat menyebabkan sang pemakai menjadi ANTI SOSIAL. 
Saya mengatakan ini bukan tanpa sebab. Saya seringkali melihat pengguna BlackBerry sibuk menundukkan kepalanya seperti orang yang sedang mengheningkan cipta. Rupanya setelah Saya perhatikan, mereka terlalu sibuk berinteraksi dengan BlackBerry mereka seolah tidak ada orang lain di sekitar mereka. Bahkan, sering kali mengacuhkan lingkungan sosial yang ada di sekitarnya. Saya juga sering melihat ketika ada interaksi sosial berupa perbincangan, pengguna blackberry justru sibuk sendiri dengan blackberry nya. Ini hal buruk, anda berusaha menghargai “teman” anda, tapi justru mengacuhkan (tidak menghargai) teman yang nyata ada di depan anda.

2. Membuat ketagihan
Perangkat telepon seluler pintar ini begitu mudah membuat pemiliknya merasa kecanduan. Studi Rutgers University pada 2006 menyimpulkan, Blackberry dan perangkat serupa memicu kenaikan penggunaan internet yang cukup signifikan, namun berdampak buruk bagi kesehatan mental.

3. Mengganggu tidur 
Dengan layanan internet 24 jam, perangkat Blackberry akan bergetar atau berdering setiap saat, ketika ada email dan pesan singkat masuk. Dan setiap saat pula, pengguna akan memainkan Blackberry-nya, termasuk ketika sudah berada di tempat tidur. Tak jarang pula, pengguna begitu sensitif dengan getar Blackberry, sehingga mudah terbangun dari tidur untuk membuka pesan yang masuk. Kebiasaan menyanding Blackberry di tempat tidur inilah yang akhirnya membuat tidur tak berkualitas. Dampak selanjutnya, tentu menyerang kesehatan. Bukan rahasia lagi bahwa rendahnya kualitas tidur berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Sebuah penelitian mengungkap, pengguna Blackberry yang memiliki kebiasaan memainkannya sebelum tidur rentan mengalami insomnia, sakit kepala, dan kesulitan berkonsentrasi. Penelitian yang dilakukan Uppsala University di Swedia menambahkan bahwa radiasi telepon seluler bisa mengganggu aktivitas tidur.

4. Memicu cemas
Memiliki telepon selular cerdas semacam Blackberry memang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan Blackberry, aktivitas berkirim email, chatting, hingga berselancar di internet bisa dilakukan bersamaan, kapan saja, dan di mana saja. Banyak pula yang mengandalkannya untuk urusan pekerjaan. Studi yang dilakukan MIT's Sloan School of Management pada 2007 mengungkap, penggunaan Blackberry membentuk budaya stres di tempat kerja. Fasilitas internet 24 jam yang dijagokan telepon seluler pintar itu mengacaukan waktu luang pekerja. Tugas dan hal-hal yang menyangkut pekerjaan bisa hadir kapanpun, termasuk kala sedang libur.

5. Melemahkan otak
Di balik kemudahan yang diberikan, Blackberry berisiko melemahkan daya konsentrasi penggunanya. Karakternya yang mampu membuat pengguna melakukan sejumlah hal dalam waktu bersamaan (multitasking) cenderung membuat seseorang kesulitan menyerap informasi lantaran fokusnya mudah beralih dari satu hal ke hal lain. "Sebagai multitasker, otak mereka dibanjiri terlalu banyak informasi, akibatnya mereka tidak selektif lagi untuk memilah informasi yang penting dengan cepat," kata Dr David W Goodman, Direktur Pusat Gangguan Psikologis di Maryland, Baltimore. Untuk itu, ia menyarankan para pengguna Blackberry agar tak mengaktifkan jaringan internetnya selama 24 jam. “Buat jadwal untuk membuka email, misalnya satu jam sekali, atau dua jam sekali," kata Goodman. "Jangan menjadikan diri sebagai budak getar atau dering Blackberry."




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar