Blogroll

Member

RSS

A.  Definisi Informasi dan Sistem Informasi Psikologi

1.    Informasi
Informasi adalah data mentah yang diolah atau hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan, kemudian informasi juga dikatakan sebagai data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau di masa mendatang. Menurut Laudon (dalam Marimin, Tanjung, & Prabowo, 2006) informasi adalah data yang sudah dibentuk kedalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan daat digunakan untuk manusia. Menurut Moeliono (dalam Marimin, Tanjung, & Prabowo, 2006) informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita (tentang) bahan nyata yang dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.
Informasi dapat berinteraksi dengan sistem informasi adalah data mentah yang diolah atau hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan, sedangkan sistem itu sendiri adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Jadi informasi dan sistem saling berinteraksi dengan komunikasi dan proses yang dijalankan oleh keduanya.

2.    Sistem Informasi Psikologi
Sistem informasi psikologi menurut Kusrini dan Kaniyo (2007) sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi berguna dalam pengambilan keputusan, sedangkan menurut Gaol (2008) sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.
Sistem informasi Marimin, Tanjung, & Prabowo (2006) adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi. Sistem informasi dapat juga didefinisikan sebagai suatu sistem yang menerima sumber data sebagai input dan mengolahnya menjadi informasi sebagai output. Sistem informasi merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa subsistem atau komponen hardware, software, dan brainware, data dan prosedur untuk menjalankan input, proses, output, penyimpanan, dan pengontrolan yang mengubah sumber data menjadi informasi.
Maka disimpulkan bahwa sitem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang terdiri dari rangkaian subsitem yang menghasilkan informasi dan bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.

B.  Komponen-komponen Informasi dan Sistem Informasi Psikologi
1.    Komponen-komponen Informasi
·      Perangkat Keras (Hardware) yaitu Mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
·      Perangkat Lunak (Software) atau Program yaitu Sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
·      Prosedur yaitu Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehedaki.
·      Orang yaitu Semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem infor­masi.
·      Basis Data (Database) yaitu Sekumpulan tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
·      Jaringan Komputer dan Komunikasi Data  yaitu Sistem penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.

2.    Komponen-komponen Sistem Informasi Psikologi
·      Blok Input (Input Block) yaitu Meliputi metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
·      Blok Model (Model Block) yaitu Terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang berfungsi memanipulasi data untuk output tertentu.
·      Blok Output (Output Block) yaitu Berupa output dokumen dan informasi yang berkualitas.
·      Blok Teknologi (Technology Block) yaitu Untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan, dan mengakses data menghasilkan dan mengirimkan output serta membantu pengembalian dari sistem secara keseluruhan.
·      Blok Basis Data (Database Block) yaitu Merupakan kumpulan data yang berhubungan satu dengan yang lainnya tersimpan di perangkat keras komputer dan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
·      Blok Kendali (Control Block) yaitu Meliputi masalah pengendalian yang berfungsi mencegah dan menangani kesalahan atau kegagalan sistem.

C.  Fungsi Informasi dan Sistem Informasi Psikologi
1.    Fungsi Informasi
Informasi berfungsi untuk menambah pengetahuan atau mengurangi ketidakpastian pemakai informasi, karena informasi berguna memberikan gambaran tentang gambaran tentang suatu permasalahan sehingga pengambilan keputusan dapat menentukan keputusan lebih cepat, informasi juga memberikan standar, aturan, maupun indikator bagi pengambil keputusan.
2.    Fungsi Sistem Informasi Psikologi
·      Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
·      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
·      Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
·      Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeiharaan sistem.
·      Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
·      Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
·      Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.

DAFTAR PUSTAKA

Amsyah, Z. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka   Utama.            (Google Book).

Gaol, C., J., L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Grasindo. (Google    Book).


Kusrini & Kaniyo, A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem       Informasi. Yogyakarta:           Penerbit Andi. (Google Book).

Marimin, Tanjung, H,. & Prabowo, H. (2006). Sistem informasi manajemen:           sumber daya manusia. Jakarta: Grasindo.

Hutahehan, J. (2014). Sistem informasi. Yogyakarta: Budi Utama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar