Blogroll

Member

RSS

Komunitas Online

Ketika kita sedang terkoneksi dengan internet, entah itu sedang chatting, browsing, atau yang lain, itu berarti kita sedang online. Karena pada dasarnya online berarti terhubung dengan internet. Sejak internet menjadi semakin familiar bagi semua lapisan masyarakat, sejak itu pula lah banyak tumbuh toko online di sekitar kita. berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh toko online membuat peminat akan toko online tersebut semakin bertambah dari hari ke hari. 

Online Menurut DEDIK KURNIAWAN:
Online adalah menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan upaya penjualan atas produk kita

Komunitas Online Menurut JASMADI & E-MEDIA SOLUSINDO
Komunitas online merupakan tempat berbagi informasi dimana anda bisa menyumbangakan kemampuan anda untuk membuat komunitas yang solid.

Di era teknologi sekarang ini, berkomunitas pun bisa dilakukan di dunia maya. Dewasa ini banyak media sosial bermunculan. Selain Facebook dan twitter yang sudah mendahului booming, telah hadir BBM, Whatsapp, WeChat, KakaoTalk, Line dan entah apa lagi. Media-media ini yang menjembatani lahirnya komunitas online.
Komunitas dibagi dua menurut latar belakang berdirinya yaitu like interest dancommon interest. Like Interest adalah komunitas atau grup yang terbentuk berdasarkan persamaan kesukaan akan suatu hal yang sifatnya insidentil, temporer atau sepintas saja. Sedangkan Common interest adalah komunitas atau kelompok yang terbentuk karena persamaan tujuan dari para anggotanya, hubungan sesama anggota lebih intens dan serius sehingga terbangun sistem. Komunitas ini memiliki aturan main yang jelas, terdapat struktur pengurus yang jelas, ada tujuan yang hendak dicapai dan pertemuan yang berkelanjutan dan banyak lagi hal lainnya. Anggota komunitas ini lebih didominasi mereka yang berusia dewasa.
Dalam berkomunitas di dunia online, tentunya kita harus pula memetik manfaatnya. Berkomunitas di dunia maya memang sangat mudah, tanpa harus menyesuaikan jadwal padat yang tentunya berbeda-beda setiap orang. Kita bisa melakukannya setiap waktu luang kita, tanpa terhalang waktu dan jarak. Bahkan terhubung dengan teman sekomunitas di lain negara. Selain itu, dalam komunitas-komunitas khususnya common interest, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran, juga memacu kreativitas dan produktivitas. Berkomunitas juga bisa menambah link atau jaringan yang sangat bermanfaat bagi kita dalam banyak hal. Walau bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun berkomunitas online juga sering menghadapi kendala. Kendala yang sering muncul disebabkan lebih kepada stabilnya jaringan internet atau sinyal sebagai media penghubung komunikasi. Kadang hal ini menyebabkan salah satu atau sebagian menjadi ketinggalan informasi.
Salah satu syarat utama agar komunitas online tersebut berhasil adalah sebagian anggota komunitas tersebut harus paham ponsel/komputer dan internet, karena untuk ikut serta dalam komunitas virtual tersebut harus mengakses internet dengan menggunakan telepon genggam (hp) atau komputer/laptop. Setiap komunitas juga butuh satu atau beberapa orang yang bertindak sebagai admin/moderator yang mengelola dan menjaga komunitas tetap aman dan berjalan lancar.

Orang-Orang Yang Terlibat Komunitas Online :
1. Pemilik / Owner / Admin
Biasanya owner adalah pemilik sekaligus admin komunitas yang menjaga komunitas tetap berjalan lancar tanpa gangguan secara fisik (hosting, domain, konten, script, dll) yang kadang bertindak rangkap ganda sebagai moderator.
2. Moderator
Jika pemilik komunitas virtual butuh orang lain untuk menjaga komunikasi antar anggota tetap terjaga baik bebas gangguan, maka akan diangkat satu atau banyak moderator yang berasal dari anak buah, kenalan atau anggota komunitas yang bisa dipercaya.
3. Anggota
Anggota komunitas maya adalah orang-orang yang diberi akses untuk melakukan aktivitas dalam komunitas maya dengan aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi demi menjaga komunitas tetap berjalan baik. Anggota ada yang aktif dan ada juga yang pasif di mana yang aktif akan ikut serta dalam perbincangan dan aktivitas lain, sedangkan yang pasif hanya menonton anggota aktif beraksi.
4. Tamu
Biasanya tamu hanya bisa melihat aktivitas komunikasi antar anggota komunitas dalam batasan-batasan tertentu. Jika ingin batasan-batasan itu hilang atau berkurang, maka tamu harus daftar menjadi anggota komunitas dengan seizin admin atau moderator. Tamu datang dan tamu pergi, sebagian mungkin jika berminat akan tertarik bergabung dalam komunitas.

Beberapa Jenis/Macam Bentuk-Bentuk Komunitas Maya Di Internet
1. Mailing List (Milis)
Prinsip milis adalah setiap pesan yang dikirim akan diterima di email para anggota baik untuk topik/pesan baru dan balasan/komentar. Milis yang sangat aktif bisa membuat inbox anggota menjadi banjir mail jika tidak diset dengan konfigurasi tertentu. Milis agak sulit dimoderasi jika pesan yang dikirim langsung disebar karena tidak ada yang memantau tiap-tiap pesan.
Contoh : groups.yahoo.com dan groups.google.com
2. Forum
Forum adalah situs web yang lebih condong ke arah komunikasi oblolan antar anggota forum di mana setiap obrolan akan direkam dan setiap anggota bisa membacanya kapanpun. Ada yang bertindak membuat topik baru dan ada yang memberi komentar. Di forum juga bisa membuat komunitas dari beberapa anggota forum, tergantung jenis forumnya.
Contoh : www.forumotion.com dan www.freeforums.org
3. Blog
Blog adalah suatu situs pribadi yang dapat menjadi tempat berkespresi dengan berbagai fitur/fungsi. Dengan blog kita bisa menulis apa pun yang kita mau dan tamu bisa ikut memberi komentar atas tulisan yang kita tulis. Blog biasanya tidak memiliki anggota karena yang mungkin hanyalah sebagai pengikut, pelanggan postingan baru dan tamu biasa.
Contoh : www.wordpress.com dan www.blogger.com
4. Jejaring Sosial
Di situs jejaring sosial kita bisa terhubung dengan teman-teman kita sehingga memudahkan kita berkomunikasi tanpa harus mengirim email. Di dalam website jejaring sosial juga terdapat fungsi membuat grup dan bergabung dalam suatu grup komunitas dengan dilengkapi berbagai fitur/fungsi yang berguna bagi para pemakai/pengguna. Komunitas jenis social network ini hanya bisa diakses dan digunakan oleh sesama pengguna situs jejaring yang sama saja.
Contoh : www.facebook.com dan www.twitter.com
Cara Membuat Komunitas Online Di Internet
Untuk membuat perkumpulan grup maya di internet kita harus datang ke penyedia layanan gratis tersebut seperti yang ada di contoh di atas. Kunjungi webnya, daftar sebagai anggota dan kemudian bangun dan buat komunitas. Jika anda cukup menguasai teknik-teknik internet, maka anda bisa membuat sendiri komunitas maya tanpa harus memakai yang gratisan. Namun butuh modal, waktu, tenaga dan pikiran untuk membuatnya.

Contoh Kasus
Permainan Daring (online games)
Permainan Daring adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, permainan daring lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770)
Permainan daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.
Dalam permainan daring, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.
Permainan daring bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali menciptakan komunitas maya.

Dampak Positif
Melalui jaringan internet, memungkinkan pemain untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bukan hal langka lagi ketika seorang pemain permainan daring menjalin hubungan pertemanan bahkan pernikahan yang bermula dari bermain game online bersama.
Permainan daring seringkali menuntut pemainnya untuk menyusun strategi dalam waktu singkat sehingga permainan yang tepat dapat melatih respon dan kecepatan berpikir seseorang. Hasil penelitian University of Rochester di New York, Amerika menyebutkan bahwa para pemain memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali. 
Permainan daring jika dimanfaatkan dapat membuka peluang bisnis dan lahan mandapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi pengusaha game centre, berjualan voucher permainan, atau bahkan melakukan transaksi jual beli melalui permainan.

Dampak Negatif
Sosialisasi fisik berkurang, karena pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.
Permainan daring dimainkan melalui komputer, yang mengeluarkan spektrum cahaya yang dapat merusak mata jika dipandangi terus-menerus tanpa istirahat.
Beberapa permainan daring memerlukan biaya untuk memainkannya, misalnya dalam kategori permainan pay-to-play atau sekedar biaya penyewaan komputer di warnet atau game centre. Apabila tidak diorganisir dengan baik, permainan daring dapat menghabiskan biaya cukup besar.
Permainan daring dapat mengacaukan manajemen waktu jika tidak diatur dengan baik. Banyak kasus di mana pemain yang kecanduan permainan daring bermain hingga lupa waktu dan melalaikan segala tanggung jawab dan pekerjaannya di dunia nyata, seperti bolos sekolah.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar